BPSDMP Manado-Pemprov Sulteng beri pelatihan digital bagi pelaku UMKM

Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta digital yang siap dan mampu bersaing di dunia kerja

Palu (ANTARA) – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Manado bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) memberikan pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) Tahun 2024 bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan usaha mereka.

 

Kepala BPSDMP Kominfo Manado Arsyad di Palu, Rabu, menyampaikan bahwa pelaksanaan program DEA yang merupakan bagian dari program Digital Talent Scholarship (DTS) 2024, adalah upaya untuk membangun sinergi dan mengoptimalkan akselerasi transformasi digital di Indonesia.

 

 

Ia mengatakan bahwa tujuan pelatihan tersebut adalah sebagai upaya meningkatkan keterampilan digital para pelaku UMKM.

 

 

“Melalui pelatihan ini, diharapkan dapat melahirkan talenta-talenta digital yang siap dan mampu bersaing di dunia kerja,” katanya.

 

 

Ia mengatakan bahwa pelatihan tersebut bermanfaat untuk membangun kewirausahaan untuk mengembangkan bisnis secara digital bagi para pelaku UMKM, sehingga akan memajukan perekonomian di daerah itu.

 

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Novalina mengatakan pelatihan DEA 2024 diharapkan menjadi awal yang baik untuk pengembangan, kemajuan dan memperkuat ekosistem UMKM di Sulawesi Tengah.

 

 

“UMKM memiliki peran yang sangat vital dalam perekonomian daerah kita, dan menjadi tulang punggung penciptaan lapangan kerja, memperkuat daya saing ekonomi, sumber inovatif serta kreativitas pengembang produk dan jasa,” kata Novalina.

 

 

Karena itu, kata dia, penguatan dan pengembangan usaha melalui peningkatan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi penting untuk dilakukan.

 

 

Menurut dia, kemajuan usaha di seluruh dunia saat ini telah bertransformasi dari cara konvensional menjadi cara baru melalui pemanfaatan teknologi.

 

 

“Semoga hasil kegiatan ini dapat menjadi landasan bagi langkah nyata dalam pengembangan dan kemajuan UMKM,” katanya.

 

 

Oleh karena itu, dia menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada BPSDMP Kominfo Manado, stakeholder dan mitra terkait yang telah menginisiasi terselenggaranya kegiatan tersebut.

 

 

Sementara itu, BPSDMP Kominfo Manado menargetkan peserta per akademi program Digital Talent Scholarship (DTS) 2024 , yakni 2.160 peserta untuk Digital Entrepreneurship Academy (DEA), 1.350 peserta Thematic Academy (TA), 1.000 peserta Government Transformation Academy (GTA), 1.300 peserta Vocational School Graduate Academy (VSGA) dan 200 peserta Fresh Graduate Academy (FGA).

Baca juga: Kunjungan wisatawan nusantara ke Sulteng pada 2023 capai 5 juta orang

Baca juga: Pemprov Sulteng petakan objek wisata untuk pengembangan ekonomi

Baca juga: Pemprov Sulteng siap distribusi 45 sertifikat hak merek ke pelaku UMKM

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024

Sumber Berita